FAQ

Tentang PJJ

Apa itu Program S2 PJJ Konsorsium APTIKOM-AMIKOM?

Program yang dirancang untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas jumlah dosen berkualifikasi S2 dalam bidang studi Teknologi Informatika di Indonesia yang bekerjasama dengan Magister Teknik Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Bagaimana mekanisme perkuliahan di PJJ?

Mekanisme perkuliahan yang diadopsi ialah pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan e-Learning sehingga mahasiswa dituntut aktif dan mandiri.

Berapa lama masa perkuliahan di PJJ sampai mendapatkan gelar magister?

Perkuliahan di Program S2 PJJ Konsorsium APTIKOM-AMIKOM berlangsung selama 3 (tiga) semester, dengan selambat-lambatnya dapat diselesaikan dalam waktu 4 (empat) semester

Siapa saja dosen yang mengajar jika saya berkuliah?

Dosen pengajar merupakan dosen yang bergelar S3 serta kompeten dalam bidang studi Teknologi Informatika. Silakan menuju menu dosen di website PJJ untuk melihat profil dosen.

Siapakah yang menerbitkan ijazah ketika sudah lulus?

Sebagai penyelenggara PJJ, Aptikom bukanlah lembaga pemberi gelar atau ijazah. Yang memberikan gelar atau ijasah magister adalah perguruan tinggi yang tergabung dalam Konsorsium PJJ Aptikom dalam hal ini ialah Universitas Amikom Yogyakarta

Penerimaan Mahasiswa Baru

Kapan biasanya periode pendaftaran dimulai?

Biasanya periode pendaftaran akan dibuka 2-3 bulan sebelum perkuliahan semester baru dimulai. Semester baru biasa dimulai pada sekitar Februari atau September.

Bagaimana cara saya mendaftar untuk kuliah di PJJ?

Silakan mengunjungi website resmi PJJ Aptikom di pjjaptikom.id dan menuju menu pendaftaran.

Jika Program studi S1 saya bukan dari bidang ilmu informatika bisakah saya mendaftar S2 PJJ?

Mahasiswa PJJ harus merupakan dosen informatika di institusi . Latar belakang pendidikan S1 calon mahasiswa diharuskan minimal linear dengan science, jika bukan berasal dari bidang informatika. Namun Anda diharuskan mengikuti matrikulasi terlebih dahulu dan harus dinyatakan  lulus dari matrikulasi.

Kapan perkuliahan matrikulasi dilaksanakan?

1-2 minggu sebelum perkuliahan reguler dilaksanakan

Jika saya perlu informasi lebih lanjut kontak mana yang dapat saya hubungi?

Email:  akademik.pjjaptikom@gmail.com

No HP/WhatsApp AkademikPJJ: 085716704523

Penyelengaraan Perkuliahan

Apakah mahasiswa baru harus mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) untuk dapat berkuliah?

Untuk mahasiswa baru jumlah matakuliah dan sks sudah dipaketkan, sehingga tidak perlu mengisi KRS

Bagaimana dengan mahasiswa lama(sudah memasuki semester 2,3,dst..) , apakah harus mengisi KRS?

Ya. Untuk mahasiswa lama setelah melakukan pengisian formulir online dan pembayaran perkuliahan, mahasiswa akan diberikan akses pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Pengisian KRS dilaksanakan di http://auth.amikom.ac.id/mhs secara mandiri oleh mahasiswa.

Jika perkuliahan dilaksanakan secara jarak jauh, kegiatan perkuliahan apa saja yang ada?

Kegiatan perkuliahan terdiri dari :

  • Tatap Muka Online (Perkuliahan antara mahasiswa dengan dosen)
  • Kuis Online
  • Tugas
  • Forum Diskusi

Media apa yang digunakan untuk kegiatan perkuliahan ?

Untuk memfasilitasi tatap muka antara dosen dan mahasiswa, PJJ saat ini bekerja sama dengan Cozora.com  Selain itu Learning Management System(LMS) digunakan sebagai media kegiatan perkuliahan lainnya. LMS PJJ dapat diakses di http://pjjaptikom.id/lms/. Serta  aplikasi email dan chatting WhatsApp digunakan sebagai media komunikasi antara  dosen, asisten dosen, mahasiswa serta pihak sekretariat akademik.

Bagaimana cara mengakses Cozora dan LMS?

Silakan terlebih dahulu Anda membuat akun di https://cozora.com/. Setiap sesi perkuliahan tatap muka akan diberikan pengumuman yang berupa link menuju perkuliahan melalui LMS dan grup WhatsApp Untuk akses LMS silakan menuju  akan diberikan akun oleh pihak sekretariat via email.

Apakah saya harus mempunyai akun WhatsApp?

Ya, sebisa mungkin diharapkan mahasiswa mempunyai akun WhatsApp yang aktif agar dapat masuk ke grup WhatsApp sehingga komunikasi antar mahasiswa dan asiten dosen dapat terjalin dengan baik.

Bagaimana agar saya bisa masuk ke grup WhatsApp?

Silakan menghubungi bagian akademik.

Kalau begitu apakah mahasiswa wajib mempunyai akses internet?

Ya, tentu saja.